Kamis, 21 Juli 2011

Suluban, Pantai Eksotik di Dekat Uluwatu

Pantai Suluban berlokasi di Desa Pecatu, dekat kawasan Uluwatu. Letaknya sekitar 34 kilometer selatan kota Denpasar, atau sekitar 27 kilometer dari Kuta. Daya tarik pantai ini adalah panorama yang indah dan suasananya yang jauh dari kebisingan. Deburan ombaknya yang tinggi menjadikan pantai sebagai tempat yang menyenangkan untuk surfing.

Dinamakan pantai Suluban karena untuk tiba di pantai ini kamu harus menuruni tebing dan memasuki terowongan yang cukup lebar dan luas. Dalam bahasa Bali, berjalan ke depan dengan melewati sesuatu di atas kepala dinamakan masulub. Sedangkan sesuatu yang di atas kepala itu dinamakan pasulubanatau suluban. Nah, tebing karang menyerupai terowongan itulahsuluban bagi setiap orang yang hendak menuju bibir pantai.

Begitu tiba di mulut terowongan, kamu memiliki dua pilihan: hendak langsung menuju bibir pantai atau naik ke atas tebing melalui tangga kayu untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Oleh pengelola pantai tersebut, di atas tebing dibuatkan semacam pos dari kayu di mana pengunjung dapat menyaksikan dengan leluasa pemandangan laut yang indah. Dari pos itu kamu dapat melihat dengan lebih jelas atraksi para surfer di tengah laut. Dari pos itu pula kamu dapat memotret dengan lebih leluasa pemandangan yang menakjubkan saat matahari tenggelam di cakrawala.

Soal surfing, tinggi ombak yang dapat mencapai 3-4 meter di pantai ini membuat para surfer senang untuk menjajalnya. Namun untuk melakukan aksi liuk-meliuk di atas papan selancar itu, kamu harus berjalan melintasi hamparan karang “berlumut” sekitar 15 meter jauhnya. Setelah itu kamu harus berenang ke tengah laut untuk mencari lokasi ombak yang menjulang itu.

Karena jauh dari hiruk-pikuk aktivitas sehari-hari ataupun aktivitas hura-hura, kamu dapat menikmati liburan dengan tenang di pantai ini.

Dari Kuta jalur yang bisa kamu tempuh adalah Bandara Ngurah Rai terus menuju Jimbaran terus mengikuti jalan menanjak dan berkelok menuju Uluwatu. Beberapa kilometer menjelang Uluwatu, ada pertigaaan. Pilihlah jalan yang ke kiri. Waktu yang kamu perlukan untuk itu sekitar 45 menit.

Di Pantai Suluban ada beberapa buah penginapan yang dimiliki oleh penduduk setempat. Terdapat juga warung-warung yang menyediakan makanan, minuman, barang-barang suvenir dan peralatan surfing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar